Pages

My Beautiful and Ugly World Headline Animator

Thursday, October 6, 2011

[Korean Drama] Jungle Fish 2 (정글 피쉬 시즌 2/Jeonggeul Phisui Sijeun 2)


Pernah merasa muak dengan dunia? Dengan segala ketentuan dan aturan yang kadang-kadang sangat tidak manusiawi dan tak berhati?
Drama Korea yang satu ini akan membuatmu mengerti semua perasaan itu dan memberimu semangat untuk membawa perubahan, sekecil apa pun itu.
From left: Gong Ji, Ba U, Tae Rang, Hyo An, Ho Su, Seo Yul, Ra I

Menyenangkannya Jungle Fish 2, meskipun tema yang diusungnya sangat serius dan terkesan berat yaitu tentang isu-isu yang dihadapi remaja sekolah menengah atas di Korea Selatan (sangat mirip dengan di Indonesia saat ini), drama ini tetap menampilkan sisi ceria dari tiap karakter yang kita temui.
Banyak orang yang menonton drama ini mungkin akan berpikir, "ah...aku juga merasa seperti itu..." dan berusaha untuk membuat keadaan lebih baik dengan caranya sendiri.
Jungle Fish 2 jelas sudah masuk ke dalam jajaran Drama Korea favorit saya... pastinya... hehe. Selamat menyimak!

Episodes: 8
Broadcast Network: KBS 2
Broadcast Period: 2010-Nov-o4 to 2010-Dec-30
Air Time: Thrusday 8:50 PM

Sinopsis
Enam sekawan Min Ho Soo, Baek Hyo An, Seo Yool, Ahn Ba Woo, Lee Ra Yi, dan Yoon Gong Ji sudah berteman semenjak SMP. Kehidupan mereka berubah drastis saat memasuki SMA. Kehidupan pribadi masing-masing orang mulai berjalan ke arah yang berlainan.
Cerita Jungle Fish dimulai dengan kejadian yang sangat mengejutkan, karena Baek Hyo An tiba-tiba dikabarkan bunuh diri. Min Ho Soo, mantan pacar Baek Hyo An, selalu menerima pesan misterius dari WHO tentang Baek Hyo An di hari-hari terakhir Baek Hyo An dan seterusnya. Kabar kematian Baek Hyo An ini menjadi topik yang ramai dibicarakan di SNS (Social Networking Sites). Min Ho Soo, dibantu ketiga temannya (kecuali Seo Yool yang selalu terlihat menjauh) mencoba mengungkap penyebab bunuh dirinya Baek Hyo An.
Typical? Jangan salah... Cerita memang dimulai dengan hal yang mungkin sudah ada di series-series yang lainnya, tapi dalam pengungkapan misteri kematian Baek Hyo An ini, masing-masing orang berusaha menghimpun kekuatan untuk menghadapi masalah yang hadir dalam kehidupannya masing-masing juga.
Terus berusaha mencari jalan yang terbaik untuk menjalani hidup mereka seterusnya... Dan berubah ke arah yang lebih baik dengan cara mereka masing-masing yang unik...

Cast
Hong Jong Hyun as Min Ho Soo (ID: stranger_a)
Park Ji Yeon as Seo Yool (ID: bluepills)
Lee Joon as Ahn Ba Woo (ID: CinderellaMan)
Shin So Yool as Lee Ra Yi (ID: Indiedol)
Kim Bo Ra as Yoon Gong Ji (ID: BloodyMandoo)
Kim Dong Bum as Bae Tae Rang (ID: veteran)
Han Ji Woo as Baek Hyo An (ID: JungleFish)
Choi Myung Kyung as Lee Sang Yong
Go Kyung Pyo (고경표) as Bong Il Tae
Lee Mi So as Yoo Yeo Jin
Choi Woo Hyuk (최우혁) as speaker
Hyo Young as Jung Yoo Mi
Shin Seo Hyun (신서현) as Hong Eun Ja
Yoon Hee Suk as Teacher Jung In Woo
Jung Kyung Ho as Min Chang Yi
Kim So Young (김소영) as Han Jae Eun
Kim Jae Woo (김재우) as Shin Won Tak
Jun So Min (cameo)

Production Credits
Director: Kim Jung Hwan, Min Doo Shik (민두식)
Screenwriter: Seo Jae Won (서재원), Kim Young Min (김영민)

STOP! Kalo ga mau spoiler...berhenti bacanya sampai sini aja...

Main Characters Insider

민호수 - 홍종현 (Min Ho Su-Hong Jong Hyeon)

Tipe idola di sekolah (asli mirip banget Dong Hae Suju! hm...). Pintar, tampan, pendiam, cool, tapi juga pemberontak. Dia sangat muak dengan peraturan-peraturan sekolahnya yang tidak menghargai muridnya sebagai manusia. Ho Su memutuskan untuk pindah sekolah, ke sekolah yang bisa dikatakan kelasnya jauh lebih rendah, di mana Ra I, Gong Ji dan Ba U (tadinya) bersekolah.
Di sekolahnya yang baru ini dia berusaha memperjuangkan apa yang tidak bisa diraihnya di sekolahnya yang sebelumnya. Ho Su mempunyai banyak dilema dengan Hyo An. Sebenarnya dia dan Hyo An sepakat untuk berusaha merubah aturan-aturan picik tak manusiawi yang orang dewasa tentukan. Untuk merubah dunia mereka menjadi lebih baik.
Tapi sayangnya akhirnya Ho Su memutuskan untuk berpisah dari Hyo An karena melihat Hyo An sudah berubah di matanya. Pilihan yang sulit untuk Ho Su sebenarnya, sangat sulit. Dia sangat terpukul sewaktu mengetahui Hyo An bunuh diri. Ho Su melakukan segalanya untuk menyingkap rahasia kematian Hyo An yang misterius... Semua demi tujuan hidupnya, Hyo An, persahabatannya, dan cintanya...

백효안 - 한지우 (Baek Hyo An-Han Ji U)

Mantan pacar Ho Su yang sangat sempurna (bener-bener bikin iri deh pokonya!hmmm...). Cantik, pintar, baik hati, dan sangat peduli dengan sekitarnya. Heran kenapa gadis seperti ini bisa bunuh diri? Oke, Hyo An memang tak banyak muncul di drama ini secara fisik. Hanya di episode awal dan akhir dia tampil intense.
Hyo An murid yang sangat brilian. Peringkat 1 dari seluruh siswa di sekolahnya. Bukan, bukan karena prestasi itu membebaninya terus dia bunuh diri. Terlalu naif! Sudah lama Hyo An ingin sekali merubah dunia yang selalu disebutnya "Jungle" buatan orang dewasa. Peraturan dan sistem yang tidak menempatkan manusia dan hati pada tempatnya.
Tekadnya ini menjadi lebih dan lebih serius saat ia melihat sahabat terdekatnya, Seo Yul, yang berubah drastis saat masuk SMA. SMA dengan peringkat sangat baik dan prestigius tempat mereka berdua dan Ho Su (tadinya) bersekolah ternyata mempunyai sistem yang sangat busuk yang diterapkan pada siswa-siswanya. Konsekuensi berat dari perjuangannya itu dan Seo Yul yang terus menerus menyakitinya tak membuatnya menyerah.
Tapi akhirnya pada titik terendah yang dihadapinya, di mana mungkin dia merasa semua orang meninggalkannya dan muak dengan "Jungle", dia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya...

서율 - 박지연 (Seo Yul-Park Ji Yeon/T-Ara)

Personally, I really like Ji Yeon. Imut banget, plus aktingnya lucu. Hehe... Dari 2 drama dan 1 film yang dibintanginya (yang pernah saya tonton tentunya,heu), Ji Yeon memerankan karakter yang kurang lebih sama. Tertekan oleh keadaan. Seo Yul, siswa pintar peringkat ke 2 sekolah (selalu dibawah Hyo An) yang cantik dan kaya. Ambisi orang tuanya yang dipaksakan kepadanya membuatnya sangat tertekan.
Tekanan itu semakin besar saat ia masuk SMA. Seo Yul berusaha keras untuk menjadi apa yang diinginkan orang tuanya sembari menghadapi ketakutan luar biasa akibat sistem yang salah yang dijalaninya saat masuk ke sekolah itu. Dia menjadi kecanduan dengan "Blue Pills" (saya sebenarnya kurang tau apa gunanya...tapi bukan obat kuat ya...). Seo Yul benar-benar menghadapi saat- saat yang berat setiap harinya. Ini membuatnya menjauh dari sahabat-sahabatnya.
Seo Yul sebenarnya sangat sayang pada Hyo An, tapi karena ia tak kuat melawan sistem yang mengancamnya tiap hari, dia memutuskan untuk menjalani sistem itu dan terpaksa menyakiti sahabat terbaiknya. Seo Yul menyukai Ho Su. Dia kelihatan tidak mempunyai peran apa pun dalam penyingkapan rahasia kematian Hyo An. Jangan salah, karena Seo Yul adalah kunci dari segalah hal yang menyebabkan  Hyo An bunuh diri, dan dialah yang berperan besar dalam pengungkapan rahasia itu, meskipun tadinya Seo Yul sangat ketakutan.
Di akhir cerita Seo Yul dengan berani memilih jalannya sendiri, meskipun itu berarti berpisah dengan sahabat-sahabatnya, dan mulai membalas perasaan An Ba U kepadanya dengan caranya sendiri...

안바우 - 이준 (An Ba U-I Jun/MBLAQ)

Pertama kali liat I Jun, saya kira dia Hong Ki Ft Island lo... Meskipun kata my lil' sis ga mirip... tapi ada mimik-mimik muka yang bikin dia mirip banget sama Hong Ki! Perpaduan sempurna Hong Ki sama Rain buat saya! Hahaha. I love him so much! ^^ Yap! Ayo kita intip kehidupannya An Ba U.
Pernah berpikir untuk berhenti sekolah? Ba U tak pernah berpikir seperti itu. Tapi karena fitnah salah satu musuhnya dia dikeluarkan dari sekolah. Tipe bad boy berhati mellow (suka....sekali!!! XD) yang sangat keren dan laki ini benar-benar menghadapi hidup yang bisa dibilang kelam.
Setelah keluar dari sekolah dia mencoba berbagai pekerjaan. Dimulai dari membagikan flyer sampai menjadi gigolo (cuma temen ngobrol doang ko yang ni mah) buat nuna-nuna yang kesepian. Ba U benar-benar mempunyai rasa sakit yang luar biasa di hatinya. Saat mendiang ibunya masih hidup, ibunya itu sering dipukuli oleh ayahnya, Ba U pun tak terkecuali. Ba U sangat sedih melihat ayahnya yang kelihatan sama sekali tidak peduli dengan kematian ibunya. Ayahnya menikah lagi dan seluruh perhatiannya hanya tercurah pada keluarga barunya.
Ba U merasa ditinggalkan dan dikhianati. Ini membuatnya makin terpuruk. Belum lagi pandangan orang-orang sekitar padanya yang menyebutnya "sampah". Ba U sangat mencintai Seo Yul. Tak peduli berapa kali dia disakiti oleh Seo Yul, Ba U tetap ada untuknya (wallpaper hape Ba U foto Seo Yul lo... So sweet banget deh gentleman yang satu ini!). Pelan-pelan Ba U merasa dia berbeda dengan teman-temannya yang berstatus pelajar, tapi pada akhirnya dia bisa memperbaiki tali persahabatannya lagi bersama Ho Su, Ra I, Gong Ji dan Seo Yul.
Akhirnya Ba U bisa terus mencintai Seo Yul, berdamai dengan ayahnya, dan menempuh jalan baru yang terang.

이라이 - 신소율 (I Ra I-Sin So Yul)

Cewek asik! Itu kesan pertama yang saya dapat dari Ra I. Kehidupan yang dijalaninya sebenarnya baik-baik saja. Ra I dibesarkan hanya oleh ibunya (saya rasa mungkin ibunya hamil diluar nikah dan pacar/suaminya akhirnya meninggalkan dia). Dia mempunyai hasrat yang sangat besar untuk musik dan ingin menjadi penyanyi profesional. Ra I sering mengadakan konser kecil-kecilan dengan bandnya.
Dia menjalani hidup yang benar-benar bebas. Termasuk dalam hal berpacaran. Hari-harinya berubah drastis saat dia tau dirinya hamil. Salut untuk Ra I ketika dia memutuskan untuk melahirkan anaknya. Tapi keputusannya ini membuatnya mempunyai banyak masalah di sekolah. Sekolah akhirnya mengeluarkan Ra I. Ra I terus menjalani hari-harinya dengan optimis dan terus berjuang untuk bersekolah kembali.
Dan perjuangannya... tidak sia-sia...

윤공지 - 김보라 (Yun Gong Ji-Kim Bo Ra)

Penulis novel misteri yang imut-imut...! Gong Ji adalah karakter nerd yang lucu! Nafsu makannya sangat besar dan dia biasa minum arak seperti orang umumnya minum susu, padahal dia masih di bawah umur. Gong Ji anaknya sangat tertutup dan susah bergaul. Tapi untungnya dia selalu mempunyai Ra I yang selalu menjaga dan menemaninya.
Gong Ji sangat ahli dalam hal-hal yang berhubungan dengan teknologi. Dialah yang berjasa menemukan identitas WHO. Gong Ji menyukai teman Ba U, tapi dia ditolak mentah-mentah olehnya karena dia dianggap aneh. Gong Ji ingin sekali berpacaran! Hehee... Di akhir cerita dia berubah menjadi lebih percaya diri dan terbuka pada orang-orang di sekitarnya. Syukurlah... XD

My Opinion

Pemikiran Baek Hyo An dan Min Ho Su untuk merubah sistem "Jungle" yang ada di kehidupan kita ini persis sama seperti yang saya pikirkan selama ini. Tapi untuk merubah sistem yang sudah berakar kuat memang tidak mudah.
Apalagi kita hanya dianggap anak bawang oleh para orang dewasa yang kadang hanya dipandang sebelah mata, meskipun apa yang kita katakan benar adanya. Oleh karena itu, saya mohon, orang dewasa, para pemegang sistem, dengarkan kami...
Untungnya hal seperti bunuh diri seperti yang dilakukan Baek Hyo An masih sangat sedikit di Indonesia. Jungle Fish 2 benar-benar mewakili generasi muda dan permasalahan yang mereka hadapi sehari-hari... Very Cool K-Drama Indeed!!!

Source: DramaWiki, ko.wikipedia.org and personal experience^^

No comments:

Post a Comment