Pages

My Beautiful and Ugly World Headline Animator

Thursday, December 29, 2011

Moonlight Sonata


Halo semuanya ^_^

Perkenalkan saya gie. Gie di sini sebagai author baru blognya ines. Kebetulan ines itu temen gie. Dan beliau meminta gie buat nulis di blognya. Heheh…. ^_^
Ini tulisan pertama gie. Gie harap tulisan ini bisa diterima oleh semuanya. Karena ini adalah pertama kalinya gie nulis di blog, jadi mohon bimbingannya yaa…
*membungkukkan badan  ^_^

Klo diantara kalian ada yang penggemar komik Detektif Conan, pasti tau dong sama judul di atas. Yups! Moonlight Sonata adalah komposisi piano yang dimainkan salah satu karakter di dalam komik tersebut yaitu Keiji Asou (hayooo… volume berapa ya?!). Naaah… kali ini gie akan mencoba mengulas sedikit tentang komposisi tersebut.

Moonlight Sonata adalah salah satu komposisi piano karya musisi terkenal Ludwig van Beethoven. Judul asli karya tersebut adalah piano sonata no. 14 in C# minor “Quasi Una Fantasia” (Almost a Fantasy) op.27 no. 2. Sebenarnya judul “Moonlight Sonata” belum populer sampai beberapa tahun setelah kematian Beethoven. Pada tahun 1836, kritikus musik asal Jerman, Ludwig Rellstab menulis bahwa sonata tersebut mengingatkannya pada pantulan sinar bulan purnama di Danau Lucerne. Sejak saat itulah “Moonlight Sonata” lebih dikenal sebagai judul dari sonata tersebut. Karya ini adalah salah satu sonata Beethoven yang paling terkenal, dan merupakan salah satu komposisi piano paling hebat. 

Sonata ini selesai dibuat pada tahun 1801 dan didedikasikan pada tahun 1802 untuk muridnya yang bernama Countess Giulietta Guicciardi. Ada yang mengatakan bahwa beberapa saat setelah pelajaran pertama mereka yang singkat, keduanya saling menyukai dan jatuh cinta. Setelah mendedikasikan karya Moonlight Sonata untuk Guicciardi, dipercaya bahwa kemudian Beethoven melamarnya. Meskipun Guicciardi bersedia menerima lamaran Beethoven,   namun salah satu orangtuanya melarang dan menghalangi Guicciardi untuk menikah dengan Beethoven.

Selain muncul di komik detektif conan, komposisi Moonlight Sonata juga pernah dimainkan dalam beberapa film seperti Nodame Cantabile, Beethoven Virus, dan Immortal Beloved. Bagi yang belum pernah mendengarnya, berikut gie kasih linknya.
Enjoy It! ^_^

Click to hear Moonlight Sonata

No comments:

Post a Comment