Pages

My Beautiful and Ugly World Headline Animator

Friday, January 27, 2012

[JMovie/Review] Summer Wars (サマーウォーズ)

Welcome to The Land of OZ...

Siap menjelajah OZ?! Buat avatarmu sekarang!!! XD
Satu lagi movie keren garapan Madhouse yang bikin saya merinding! Setelah terkesan sangat dalam dengan The Girl Who Leapt Through Time saya kembali dibuat terpesona dengan J-Movie yang satu ini! Well... Summer Wars is not just another war...

Summer Wars
Theatrical Release Poster

Directed by         Mamoru Hosoda
Produced by         Nozomu Takahashi
                                Takuya Ito
                                Takashi Watanabe
                                Yuichiro Saito
Screenplay by Satoko Okudera
Story by                 Mamoru Hosoda
Starring                 Ryunosuke Kamiki
                                Nanami Sakuraba
                                Mitsuki Tanimura
                                Sumiko Fuji
Music by               Akihiko Matsumoto
Cinematography Yukihiro Masumoto
Art Directed by Youji Takeshige
Editing by            Shigeru Nishiyama
Studio                  Madhouse
Distributed by Warner Bros. Pictures
Release date(s) August 1, 2009
Running time     114 minutes
Country              Japan
Language          Japanese
Box office          US$18,353,560

The Plot
Kita belum kalah!
Selamat datang di OZ! Dunia virtual dimana semua orang bisa menikmati waktu mereka sesuka hati mereka! OZ bukan hanya dunia virtual biasa, tapi OZ adalah representasi dari dunia nyata kita. Lebih tepatnya OZ mengendalikan dunia! Semua sistem yang ada dapat dikendalikan dari OZ! Buat avatar sesukamu dari pilihan tak terhingga yang disediakan di OZ! Mau berbelanja, makan, minum, bayar pajak ataupun bertarung, semuanya bisa dilakukan disini! Kamu bisa mengakses OZ dari mana saja. Komputer, handphone, bahkan televisi! Dan yang paling hebat, di OZ kamu bisa berkomunikasi dengan siapa saja! Bahasa bukan lagi halangan!

Kenji Koiso, seorang murid SMA yang sangat jago dalam matematika bekerja sebagai part-timer moderator di OZ bersama temannya Takashi Sakuma.
Avatar Takashi dan Kenji di OZ
Di tengah musim panas mereka dikejutkan oleh tawaran "pekerjaan" dari Natsuki Shinohara. Mereka berdua tentu saja tertarik dengan tawaran ini. Tapi sayangnya Natsuki hanya membutuhkan satu orang. Akhirnya, setelah harus mengaku kalah dalam permainan kertas-gunting-batu, Takashi harus merelakan Kenji mengambil "pekerjaan" itu.
"Pekerjaan" yang ditawarkan Natsuki ternyata adalah berpura-pura menjadi tunangannya! Dia mengajak Kenji untuk menghadiri ulang tahun ke-90 dari nenek buyutnya, Sakae Jinnouchi, di Ueda.
I want to live in a place like this!!! XD
Setibanya di resort Klan Jinnouchi di Ueda, Kenji bertemu dengan kerabat-kerabat Natsuki yang... sangat banyak!
Makan malam bersama keluarga besar!^^
Klan Jinnouchi adalah keturunan dari samurai yang menantang Klan Tokugawa di tahun 1615. Disini Kenji juga bertemu dengan Kazuma Ikezawa, sepupu Natsuki yang belakangan diketahui adalah pemilik avatar keren yang bernama King Kazma, duelist handal di OZ.
Bocah keren! Hahah!

Avatarnya juga ga kalah keren kan? Hm...
Pertemuan keluarga ini dikejutkan dengan kehadiran Wabisuke Jinnouchi, seorang ahli komputer yang merupakan paman angkat Natsuki yang tinggal di Amerika selama 10 tahun. Natsuki ternyata naksir sama paman angkatnya ini! Kenji yang merasa tidak nyaman semenjak kedatangan Wabisuke (maklum...tugasnya kan jadi "tunangan" Natsuki) merasa menyesal datang ke pertemuan keluarga ini. Ketika Kenji sedang berusaha untuk tidur, dia tiba-tiba menerima pesan yang berisi deretan nomor dari seorang pengirim yang memintanya untuk memecahkan kode deretan nomor tersebut. Kenji dengan antusias memecahkan kode itu dan mengirim jawabannya. Pagi harinya, Kenji tiba-tiba dikejutkan dengan tuduhan dirinya yang menjadi pelaku kejahatan di televisi! Berita yang ditayangkan menyebutkan avatarnya di OZ menghack maintenance system OZ dan mengacaukan OZ! 
Avatar Kenji yang sudah di-hack
Kenji yang penasaran dengan apa yang terjadi menghubungi Takashi. Akhirnya diketahui bahwa kode yang diterima Kenji tadi malam adalah password (yang sebenarnya tidak mungkin untuk dipecahkan) ke maintenance server OZ dan seseorang menggunakannya untuk mengacaukan OZ! Takashi membantu Kenji untuk masuk ke OZ dengan menggunakan avatar yang ditemukannya. Setelah berhasil masuk ke OZ, Kenji langsung berkonfrontasi alias berbicara dengan avatarnya yang sudah di hack tersebut. Tapi akhirnya dia malah babak belur. Beruntung King Kazma hadir untuk membantu, disinilah pemilik avatar ini akhirnya diketahui (si bocah keren Kazuma!hahah) tapi akhirnya King Kazma pun kalah.
Love Machine yang sudah menelan banyak account OZ
Takashi akhirnya berhasil mengetahui jika yang menghack OZ adalah Love Machine, kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) yang memang diprogram untuk hacking.
Akhirnya keterlibatan Kenji diketahui oleh keluarga besar Natsuki, Kenji ditahan oleh Shota Jinnouchi, tapi akhirnya kembali lagi ke resort karena kemacetan yang luar biasa. Ternyata Love Machine terus menerus menimbulkan kekacauan yang semakin besar. Love Machine mengacaukan sistem lalu lintas sehingga menimbulkan kemacetan yang luar biasa, mengacaukan GPS, juga sistem panggilan darurat dan masih banyak lagi. Infrastruktur OZ dikacaukan habis-habisan oleh Love Machine. Kekacauan luar biasa yang terjadi ini mengakibatkan banyak kerabat Natsuki yang terjebak dalam keadaan yang tidak memungkinkan mereka untuk pulang ke Ueda untuk merayakan ulang tahun Saeki Jinnouchi.
Saeki yang menyadari keadaan darurat ini sebagai perang langsung menghubungi kenalan-kenalannya yang sangat berpengaruh di Jepang dan juga para kerabatnya untuk memotivasi mereka untuk melakukan yang terbaik di tengah kekacauan yang merajalela ini. Melihat nenek buyut Natsuki yang berusaha keras ini Kenji menjadi lebih semangat untuk menaklukan Love Machine, dan akhirnya dia berhasil menstabilkan infrastruktur OZ. Kerabat-kerabat Natsuki pun akhirnya bisa datang ke Ueda.
Spoiler Alert!
Wabisuke akhirnya mengaku sebagai pencipta Love Machine dan dia sudah menjualnya pada pemerintah AS. Saeki menegur Wabisuke dengan sangat keras. Ini membuat Wabisuke memutuskan untuk meninggalkan resort.
Kenji diminta Saeki untuk menjaga Natsuki saat mereka memainkan Hanafuda Koi-Koi (permainan kartu tradisional jepang). Pagi hari setelah kejadian ini Saeki ditemukan telah meninggal. Ini membuat Klan Jinnouchi sangat sedih. Diketahui bahwa ternyata Saeki menderita angina dan selama ini kondisinya dipantau melalui OZ oleh anak tertuanya, Mansaku. Tapi akibat kekacauan di OZ yang ditimbulkan Love Machine, Mansaku tidak dapat memantau kondisi penyakit ibunya lagi karena monitor jantungnya di OZ telah dinonaktifkan.
Setelah masa berduka yang cukup singkat, Kenji dan banyak anggota Klan Jinnouchi memutuskan untuk mengalahkan Love Machine menggunakan taktik yang digunakan Klan Jinnouchi saat menghadapi Klan Tokugawa. Perlawanannya didukung oleh supercomputer berukuran sangat besar yang harus didinginkan oleh berbalok-balok es untuk menjaganya dari overheat. Mereka mengajak Love Machine bertarung dengan King Kazma dan akhirnya berhasil memerangkap Love Machine. Tapi sayang, karena supercomputer-nya tiba-tiba overheat (karena es-es batunya dipindahkan oleh Shota ke tempat pembaringan Saeki... XD) perangkap ini pun hancur berkeping-keping dan kurang lebih 400 juta account OZ diseluruh dunia akhirnya dikendalikan oleh Love Machine. Love Machine akhirnya mengendalikan Arawashi, satelite pengamat asteroid, untuk menabrak pembangkit tenaga nuklir. Di saat yang sama, Natsuki menemukan wasiat Saeki yang meminta Klan Jinnouchi menerima kembali Wabisuke di kehidupan mereka. Semua anggota Klan Jinnouchi yang menganggap ancaman Love Machine sebagai permainan belaka akhirnya sadar akan ancaman yang sangat serius yang ditimbulkan Love Machine. Dari sudut pandang Love Machine, yang dilakukannya mungkin hanya bermain, tapi bagi umat manusia di dunia, permainannya sangat menghancurkan. Kazuma yang berusaha untuk menghentikan Love Machine juga account-nya akhirnya dikuasai oleh Love Machine.

Love Machine yang mengendalikan 400 juta account termasuk King Kazma



Natsuki akhirnya berhasil menghubungi Wabisuke dan memintanya kembali.

Kenji mempunyai ide untuk mengambil alih account-account yang dikendalikan oleh Love Machine yaitu dengan mengajaknya memainkan Hanafuda Koi-Koi lewat avatar Natsuki dan seluruh Klan Jinnouchi.
Hanafuda Koi Koi
Sementara Love Machine dialihkan perhatiannya lewat permainan itu, Wabisuke berusaha untuk membongkar Love Machine. Natsuki menang berturut-turut dan berhasil merebut sebagian kecil account yang sudah dikendalikan, tapi karena konsentrasinya teralihkan, dia hampir saja kehilangan "kemenangan"nya.
Avatar Natsuki
Tapi dengan bantuan para pemilik account OZ yang tersisa diseluruh dunia, Natsuki berhasil mengambil alih seluruh account yang dikendalikan oleh Love Machine dan mengalahkan Love Machine.
Avatar Natsuki setelah di upgrade oleh OZ's Guardian Angel
Sisa-sisa yang tertinggal dari Love Machine akhirnya mengalihkan Arawashi untuk menabrak resort Klan Jinnouchi! Kenji berusaha untuk mengalihkan kode GPS Arawashi tapi terus-terusan gagal karena gangguan Love Machine. King Kazma, yang berhasil dipulihkan akhirnya bisa mengalahkan Love Machine sehingga Kenji bisa mengubah arah Arawashi di saat-saat terakhir! Beruntung Arawashi akhirnya bisa dialihkan dan hanya merusak sebagian kecil dari resort tersebut. Berkat tubrukan Arawashi mata air air panas mengalir deras di resort ini sekarang. Akhirnya pesta ulang tahun Saeki sekaligus perayaan kemenangan dari Love Machine berhasil diselenggarakan dan Kenji berhasil menyatakan cintanya pada Natsuki. XD

My Opinion
Meskipun awalnya tidak tertarik dengan J-Movie yang satu ini karena judulnya yang terkesan "biasa" akhirnya saya harus bertekuk lutut pada pesonanya. Hahah.
Gambar animasi yang ditampilkan sangat halus dan memukau. Didukung oleh musik yang mengalun indah. Madhouse memang benar-benar jago! Hoho...
Summer Wars menampilkan perpaduan yang sangat indah antara dunia virtual dan dunia analog. Mungkin suatu saat nanti dunia virtual seperti OZ akan benar-benar ada dan menjadi tempat yang sangat penting untuk seluruh manusia di dunia!
Ingin sekali rasanya benar-benar mempunyai account OZ! Kebebasan komunikasi yang ditawarkan membuat saya benar-benar terpana.
Masalah yang ditampilkan di movie ini yang bersumber dari dunia virtual yang berdampak hebat pada dunia analog saya harap bisa membuka mata orang yang menganggap remeh hal-hal seperti ini. Karena ancaman dari dunia virtual, seperti internet, bukanlah lelucon bahan tertawaan di dunia nyata.
Muatan tentang keluarga juga disampaikan dengan sangat menyentuh. Saya benar-benar terperangah dengan kedekatan Klan Jinnouchi. Keluarga besar yang sangat harmonis dan bisa berinteraksi secara wajar dan hangat antar anggota keluarganya. Terus terang hal ini membuat saya sangat iri terutama pada adegan makan malam bersama yang sangat ramai. Karena saat ini, kehangatan keluarga sulit untuk dirasakan meskipun dalam keluarga kecil.
Jelas sudah J-Movie yang satu ini sudah masuk dalam jajaran film-film terbaik yang pernah saya tonton.
Bagaimana readers? Tertarik untuk menjelajahi OZ di Summer Wars? ~.^

Source: Summer Wars - Wikipedia, the free encyclopedia and my personal archive.

No comments:

Post a Comment