Pages

My Beautiful and Ugly World Headline Animator

Thursday, January 13, 2011

Belajar Bahasa Korea Yuk!

Post kali ini aku khususin buat temen2 readers dari Indonesia yang tertarik belajar bahasa Korea. Di post mengenai settingan input Korean for Windows7 Ultimate aku udah ngejelasin ya kenapa aku milih Korea jadi ga usah dijelasin lagi.
Aku sebenernya termasuk orang yang sangat suka bahasa, berbagai bahasa, dan beruntung bisa dibilang cukup mahir berbahasa Inggris. Jadi alhamdulillah kemaren pas mutusin buat belajar bahasa Korea aku ga nemuin banyak kesulitan.
Pasalnya, site-site yang kemaren aku jadiin sumber buat pelajaran bahasa Korea semuanya berbahasa Inggris. Jadi sekarang aku mau berbagi ilmu sama temen-temen Indonesiaku yang belum menguasai bahasa Inggris.
Untuk post kali ini dan mungkin beberapa post berikutnya aku bakal jelasin dulu tentang 한글, karena belajar bahasa Korea bakal jadi jauh lebih mudah kalo temen semua udah hapal 한글. Sumbernya sih udah da sebagian yang bahasa Inggris, tapi data-data dari sumber terbesarku: KoreanClass101.com sedang dalam proses minta ijin. Mudah-mudahan ijinnya dikasih ya...
Soalnya materials dari sono tuh bagus-bagus semua dan bener-bener ngebantu nguasain bahasa Korea dengan baik dan cepat. Jadi buat yang bisa berbahasa Inggris terus pengen belajar bahasa Korea, aku sangat merekomendasikan website yang satu ini.
Yups! Ayo kita mulai pembahasannya...

Bahasa Korea adalah bahasa yang paling banyak digunakan di Korea, dan merupakan bahasa resmi Korea Selatan dan Korea Utara. Huruf-huruf Korea (한글) ini dikenalkan oleh Raja Sejong pada abad ke 15, dikenal sebagai Hunmin Jeong-eum. Namun istilah 한글 (Hangul/dibaca:Hangeul) baru dikenal pada permulaan abad ke-20.
Bahasa Korea, pada dasarnya, memiliki dialek-dialek yang saling bertalian satu sama lain. Setiap wilayah dapat memahami dialek lainnya, kecuali dialek Pulau Jeju yang dianggap paling aneh.
Huruf 한글 berjumlah 40 karakter yang terdiri dari 10 vokal tunggal, 11 vokal gabungan, 14 konsonan tunggal dan 5 konsonan gabungan.

Sekarang aku mau jelasin vokal tunggal dulu. Paling simple, tapi agak belibet ngehafalnya kalo menurutku. So, here we go!

Vokal (모음)

Bentuk Huruf -> Nama Huruf -> Bunyi

ㅏ -> 아 -> a

ㅑ -> 야 -> ya

ㅓ -> 어 -> eo

ㅕ -> 여 -> yeo

ㅗ -> 오 -> o

ㅛ -> 요 -> yo

ㅜ -> 우 -> u

ㅠ -> 유 -> yu

ㅡ -> 으 -> eu

ㅣ -> 이 -> i

Keterangan: 어 (eo) dibunyikan dengan posisi mulut yang terbuka seperti akan melafalkan huruf 'a' sedangkan huruf 오 (o) dilafalkan dengan posisi bibir yang membundar.

Segitu dulu deh buat kali ini, bersambung ke post berikutnya... Bahasan selanjutnya:Vokal Gabungan.
Bagi yang ga bisa ngeliat karakter-karakter 한글 diatas karena settingan komputernya bisa komen dibawah. Ntar bisa aku bikinin format image.

No comments:

Post a Comment